Selasa, 01 September 2009

Teror WWWdotcom dan Belantara Internet

Tulisan ini adalah bagian tak terpisahkan dari tulisan saya sebelumnya yang berjudul "Kakek Gaptek Membuat Blog". Saya yang sebelumnya tidak peduli dengan internet, karena satu dan lain hal terdorong untuk mencoba membuat blog. Saya perlu banyak masukan dari Pembaca untuk menjadikan blog ini bermanfaat untuk orang banyak termasuk diri saya.

Sebetulnya cukup lama sebelum membuat blog, saya merasa ada yang salah di diri saya dalam menyikapi perihal internet. Seharusnya saya peduli dan mencoba, apalagi ketika Telkom gencar memasyarakatkan internet di pedesaan. Ada dorongan yang kuat untuk mencoba, pikiran kreatif saya mengatakan "cobalah jika tidak ingin ketinggalan kereta" tetapi dorongan itu tidak saya pedulikan. Saat itu saya berpendapat internet kurang bermanfaat bagi diri saya, apalagi saya juga berpendapat saya terlambat atau terlalu tua untuk mencoba internet. Tarik ulur antara perasaan terlambat dan ingin mencoba internet karena takut ketinggalan kereta tidak berlangsung lama.

Ada perkembangan baru lagi dalam diri saya, yaitu saya merasa terteror oleh WWWdotcom, dimana-mana saya melihat tulisan WWWdotcom, di koran, di selebaran, di TV, di spanduk dan iklan di sepanjang jalan. Tidak hanya mata, telingapun ikut terteror, semua stasiun radio begitu juga semua chanel TV mengucap WWWdotcom. Bukan main pikir saya semua orang kerasukan WWWdotcom, ternyata WWWdotcom sakti sekali. Tidak hanya itu sebelum tidur di angan saya terbayang WWWdotcom dengan angkuh tertulis di iklan-iklan yang bagus, juga terngiang suara-suara merdu yang berucap WWWdotcom.

Untungnya kejadian ini tidak berlangsung lama, akhirnya bulan Agustus yang lalu saya mencoba membuat blog. Yang terjadi dalam diri saya kemudian adalah, saya merasa berada di hutan lebat yang sangat asing, saya merasa bingung, takjub sekaligus senang. Senang karena begitu mudah mendapatkan informasi, informasi apa saja. Takjub, begitu mudah hidup, gampang sekali mendapatkan uang, banyak iklan yang menjanjkan cepat kaya. Tidak hanya itu, uang berhamburan dengan hanya pencet sini pencet sana, cukup menyisihksn waktu sekian jam atau menit setiap harinya, begitu kata iklannya. Bingung, ini dia, begitu banyak kemudahan dan saya tidak bisa memanfaatkannya. Banyak sekali istilah-istilah yang tidak saya kenal, hal ini sangat menjengkelkan dan memalukan. Apakah saya musti punya konsultan untuk jalan-jalan di internet ?

Begitulah pembaca, pengalaman Kakek Gaptek perihal internet selama ini, pengalaman yang unik. Saya sekarang makin betah duduk di depan komputer, kegiatan saya tambah satu lagi, kegiatan yang menyenangkan menurut saya, malu ah.

Tidak ada komentar: