Senin, 07 September 2009

Es Buah Tape Ketan

Sebulan terakhir ini Jakarta dan sekitarnya luar biasa panas, pengap dan gerah, tadi sore tiba-tiba saya ingin makan es buah tape ketan. Tentu saja jika beli es buah tape ketan yang saya maksud tidak akan ada. Sehingga saya membuat sendiri.

Cara membuatnya gampang sekali: ambil tape ketan yang berumur kurang lebih 6 hari, biasanya sudah matang benar. Cirinya sudah banyak keluar air tapenya, namun bentuk berasnya masih utuh. Dimasukkan ke dalam wadah, potong berbagai macam buah kesukaan kita seukuran dan berbentuk dadu. Campurkan buah dan tape ketan sambil diaduk pelan-pelan, setelah tercampur dengan baik tambahkan es batu secukupnya. Jadilah se buah tape ketan, gampang kan?

Sebaiknya dinikmati setelah es batu mencair sekitar setengahnya, jika suka manis tambahkan sirop. Menurut saya sirop rasa kelapa paling pas dan enak. Buah yang cocok adalah buah yang rasanya manis misalnya mangga, nangka dan kelengkeng. Hindari buah yang rasanya asam misalnya apel hijau, kiwi dan nanas.

Saat cuaca terik, udara panas, pengap dan gerah, kebetulan anda punya waktu luang. Cobalah membuat es buah tape ketan, saya sarankan membuat sendiri.

Tidak ada komentar: