Selasa, 22 September 2009

Si Manja Anthurium

Salah satu minat saya adalah tanaman hias, guna tanaman hias bagi saya hanya sekedar untuk koleksi, dijual atau mungkin kontes. Sehingga dalam pengelompokan tanaman hias, hanya saya bedakan menjadi 2 kelompok, yaitu tanaman dalam ruang dan tanaman luar ruang. Untuk anthurium saya kelompokkan tanaman dalam ruang, kenyataannya di hutan (di habitat aslinya), tumbuh di bawah naungan pohon besar yang rimbun.

Tahun 2007 saya mulai mengenal anthurium. Waktu yang kurang tepat untuk mulai memelihara dan merawat anthurium, karena saat itu harga anthurium sangat tinggi. Saya tidak menyesal walau dibanding tanaman hias lain, anthurium telah menghabiskan uang cukup banyak. Bagaimanapun juga anthurium termasuk tanaman hias yang indah. Untuk mendapatkan anthurium yang indah tidak gampang, yang saya maksud disini bukan membeli anthurium yang indah; tetapi memelihara dan merawat anthurium dari bibit atau remaja menjadi tanaman dewasa yang penampilannya indah

Anthurium tanaman yang merepotkan, tanaman ini manja, diperlukan perhatian yang terus menerus untuk menjadikan tanaman ini layak untuk koleksi, jual maupun diikutsertakan dalam lomba. Seperti tanaman-tanaman lainnya, untuk hidup tanaman ini memerlukan cahaya matahari cukup, media tanam yang cocok dan air yang cukup. Sedang untuk membuat tanaman ini layak koleksi, jual atau lomba perlu ditambah dengan pemupukan dan penanganan hama yang tepat.


Kelihatannya tidak ada yang merepotkan, semua tanaman pasti memerlukan cahaya matahari, media tumbuh, air, anti hama dan pupuk. Itu dia pembaca! hal-hal yang membuat kita repot dalam memelihara dan merawat anthurium, akan saya tuliskan dalam tulisan-tulisan saya berikutnya. Tulisan berikutnya akan saya ceritakan lima hal di atas yang dapat membuat anthurium indah dan layak dibanggakan.

Tidak ada komentar: