Sabtu, 24 Oktober 2009

Pupuk dan Anthurium

Tanpa pupuk anthurium tetap bisa hidup dan tumbuh, tetapi anthurium yang tidak dipupuk penampilannya kurang menarik. Batang, tangkai dan daunnya lemah; daunnya tampil kusam tidak kelihatan segar. Pemupukan ada triknya; terlalu sedikit pupuk, tanaman tetap tidak bisa tampil prima. Terlalu banyak pupuk atau pemupukan tidak pada waktu yang tepat, tanaman bisa mati.

Pupuk yang dipakai pada tanaman anthurium ada dua model, dua model pupuk ini dipakai berbarengan atau sekaligus. Model pertama adalah pupuk yang cara bekerjanya lambat dan menerus dengan masa pakai panjang, bisa bertahan 6 bulan, bentuk pupuk ini biasanya bulat kecil seperti merica. Model kedua adalah pupuk yang cara bekerjanya cepat, pupuk langsung diserap oleh tanaman, hanya bisa bertahan paling lama 7 hari.

Cara pemakaian pupuk model pertama disebar begitu saja merata di atas media tanam, satu sendok makan penuh cukup untuk tanaman berumur 6 hingga 9 bulan. Pemakaian pupuk model kedua biasanya dengan menggunakan spray, selang pemupukan setiap 10 hari sekali. Pupuk model kedua ada 3 macam penekanan kegunaan pada tanaman. Yang pertama lebih menekankan pada pertumbuhan daun, ciri pupuk ini kandungan nitrogennya tinggi. Yang kedua lebih menekankan pada pertumbuhan akar, ciri pupuk ini kandungan kaliumnya tinggi. Yang ketiga lebih menekankan pada penampilan dan kesehatan tanaman, ciri pupuk ini mempunyai kandungan nitrogen tinggi ditambah dengan vitamin B1 dan unsur-unsur micro. Ketiga jenis pupuk model kedua ini dipakai bergantian setiap 10 hari sekali.


Cara penyemprotan pupuk yang baik adalah merata kesemua bagian tanaman termasuk titik tumbuhnya, begitu juga media tanamnya. Tidak disarankan untuk memupuk tanaman yang dalam keadaan tidak sehat, karena pupuk tidak terserap dengan baik, hal ini menimbulkan retensi yang dapat memicu pertumbuhan penyakit. Dihindari menyemprot pupuk pada malam hari dan siang hari saat cuaca terik, idealnya pemupukan dengan spray dilaksanakan pada jam 7.30 sampai jam 8.30 atau jam 16.00 sampai jam 17.00 pada saat cuaca terang.        

Tidak ada komentar: