Senin, 05 Oktober 2009

Edar Semu Matahari dan Anthurium

Kita semua tahu, edar semu matahari ada dua yaitu, edar semu harian dan edar semu tahunan. Kata ahlinya, edar semu harian karena rotasi bumi pada porosnya, ini menyebabkan matahari kelihatan bergerak dari Timur ke Barat. Edar semu tahunan karena revolusi bumi mengelilingi matahari, perlu diketahui bumi berevolusi sambil berotasi pada sumbu bumi dengan sumbu rotasi membuat sudut beberapa derajat dengan garis vertikal. ini menyebabkan matahari kelihatan 6 bulan di Utara dan 6 bulan di Selatan.

Edar semu matahari ini kelihatannya sepele, karena sepele sering kali diabaikan. Bagi pecinta tanaman indoor khususnya anthurium, mengabaikan edar semu matahari bisa berakibat merugikan. Yang biasa terjadi adalah anthurium yang terletak dibawah overstek atap bangunan, tiba-tiba daunnya terbakar. Ternyata bayang-bayang atap yang tadinya melindungi anthurium telah bergeser, sehingga sebagian daun anthurium terkena cahaya matahari langsung lebih dari 2 jam. Idealnya anthurium dibuatkan pelindung/peneduh dari sengatan cahaya matahari.

Peneduh anthurium bisa dari asbes, ijuk atau bahan lainnya yang tidak tembus cahaya. Kepingan peneduh dipasang memanjang dari utara ke selatan atau sebaliknya, panjang kepingan bebas tergantung banyak tanaman dan luas lahan. Lebar kepingan sebaiknya diperhitungkan cukup untuk 2 pot, jadi lebar kepingan peneduh tergantung dari besar kecilnya tanaman. Pot-pot tanaman anthurium diletakkan di bawah peneduh sedemikian sehingga mudah dijangkau untuk perawatan.


Keuntungan memasang peneduh memanjang arah utara selatan adalah bisa mengabaikan edar semu tahunan, tanaman tidak akan terkena cahaya matahari terus menerus. Untuk menyiasati edar harian, yaitu berapa jam waktu yang kita inginkan untuk mengatur cahaya matahari menyinari tanaman, kita tinggal mengatur ketinggian peneduh yang diukur dari tanaman. Gambar di halaman ini adalah sketsa peneduh, letak pot dan arah edar semu matahari.

Tidak ada komentar: