Selasa, 13 Oktober 2009

Media Tanam Anthurium

Berbagai macam komposisi media tanam anthurium telah saya coba, akhirnya saya mendapatkan komposisi media tanam yang cukup memuaskan. Bahan-bahannya mudah didapat dan tidak mahal, hanya terdiri dari 4 macam bahan, yaitu arang sekam, sekam dan campuran akar pakis+kaliandra. Media tanam dibedakan menjadi 3 yaitu media tanam untuk tanaman dewasa, remaja dan bibit.

Perbandingan komposisinya sebagai berikut:

                       Arang sekam        Sekam        Campuran Akar Pakis 
                                                                      + Kaliandra
Dewasa                    1                       2                     7
Remaja                    2                       3                     5
Bibit                         3                       3                     4

Prosesnya sebagai berikut :

* Akar pakis dan kaliandra dicampur dengan perbandingan 1:1, panjang akar pakis tidak boleh lebih dari 3   cm, jika lebih dipotong. 3 bahan yaitu sekam bakar, sekam dan campuran akar pakis + kaliandra dijemur minimal 2 hari di tempatnya masing-masing, jadi tidak dicampur lebih dulu. Setelah kering, campuran akar pakis + kaliandra diayak dengan lobang ayakan 5x5 mm
* Semua bahan dicampur diaduk sampai rata, dimasukkan dalam larutan anti jamur minimal 1 jam. Sekiranya rendaman sudah cukup campuran media bisa diangkat dan bisa langsung digunakan.

* Pot sebagai tempat tanam dibersihkan, periksa lobang air dan lobang udara. seperempat bagian dari tinggi pot diisi stiriofoam, media tanam diletakkan di atasnya sampai setinggi setengah pot. Masukkan tanaman yang akan ditanam atur akar jangan sampai tumpang tindih. Isi sekeliling tanaman dengan media tanam sampai bibir pot. Letakkan pot ditempat yang teduh minimal 6 hari, baru tanaman dipindah ditempat yang diinginkan.

Tidak ada komentar: