Selasa, 25 Agustus 2009

Tape Ketan

Anda tahu kan tape ketan ? Itu lho makanan ringan hasil fermentasi beras ketan, rasanya manis, segar dan harum baunya.

Variasi makanan ringan yang terbuat dari atau campuran tape ketan cukup banyak, di Jawa Timur tape ketan kering dibungkus seperti permen menggunakan kertas minyak warna warni, madu mongso namanya. Tape ketan di Jawa Tengah banyak digunakan untuk campuran es buah. Penduduk asli Jakarta suka sekali makan uli dengan saus tape ketan.

Bermula dari rasa kecewa setelah beli tape ketan; sering saya jumpai tape ketan tidak bagus, diantaranya beras masih keras atau asam rasanya. Yang unik bau tape ketan tidak bagus ini sama seperti bau tape ketan bagus. Jadi kita baru tahu kalau kita sudah mencicip tape tersebut, hal inilah yang membuat saya keki. Apalagi saya penikmat tape ketan sejati; maksudnya dalam menikmati tape ketan saya lebih suka makan langsung, jika ingin variasi saya tambahkan air dingin atauhangat tergantung suasana. Rasanya asyik sekali.

Akhirnya setelah baca dan tanya kesana kesini saya berusaha membuat tape ketan sendiri, hasilnya bukan main. Eeeeenak sekali. Anda ingin coba buat sendiri? Tunggu di tulisan saya berikutnya.

Tidak ada komentar: