Rabu, 26 Agustus 2009

Cara Membuat Tape Ketan

Peralatan yang dipakai dan ruang dimana kita buat tape ketan harus bersih. Membuat tape ketan memang gampang-gampang susah. Kuncinya itu tadi, bersih.

Cuci beras ketan, yang putih atau yang hitam, bahkan lebih bagus jika campuran keduanya dengan perbandingan 1:1. Campuran ini akan menghasilkan warna tape yang bagus yaitu pink. Beras yang sudah bersih kita masukkan ke dalam kukusan, itu lho peralatan dapur tradisionil berbentuk kerucut terbalik terbuat dari anyaman bambu.

Kukusan berisi beras dimasukkan kedalam dandang yang sudah diisi air, kukus selama 30 menit. Sebaiknya menggunakan dandang seng atau alumunium, kurang bagus hasilnya jika menggunakan dandang tembaga. Diangkat digelar di tempat yang datar, angin-anginkan selama 15-30 menit dan kukus ulang selama 30 menit dan digelar lagi sampai benar-benar dingin.

Sambil menunggu dingin haluskan ragi tape, bentuknya seperti koin diamaternya sekitar 3 cm mudah hancur mirip brem dari Yogyakarta. 1 koin ragi cukup untuk 1 kg beras ketan. Ragi halus ditabur diatas gelaran beras ketan yang sudah dingin, dengan sodet diaduk dibolak balik sampai rata.

Masukkan kedalam wadah bukan logam yang sudah dialasi dengan daun pisang, tutup rapat-rapat juga dengan daun pisang dan simpan ditempat yang cukup gelap. Biasanya setelah 3 hari tape sudah jadi. Ciri-cirinya lunak, manis dan harum. Tape sudah siap untuk disantap.

Selamat mencoba.

Tidak ada komentar: